Kunjungan ke Pt. Surya Citra Televisi, SCTV TOWER, SENANYAN CITY. Jl. Asia Afrika Lot 19 Jakarta, Kamis 23 februari 2012.

 

Kunjungan ke Pt. Surya Citra Televisi, SCTV TOWER, SENANYAN CITY.

Jl. Asia Afrika Lot 19 Jakarta, Kamis 23 februari 2012.

Pertama kalinya anak SMK GENERASI MADANI mendapat kesempatan yang luar biasa dapat berkunjung ke salah satu stasiun tv Nasional, PT. Surya Citra Televisi Indonesia SCTV TOWER Senayan City Jakarta. Alhamdulillah di sini kami mendapat wawasan mengenai IT dan BROADCAST yang luar biasa, selain wawasan pengalam baru pun dapat saya rasakan, mungkin bukan hanya saya saja tapi para siswa/i SMK GENERASI MADANI yang lainya, pun mendapatkan dan merasakan hal yang sama seperti saya.

Selama kami berada di dalam gedung SCTV, rombongan SMK GENERASI MADANI mendapat sambutan yang hangat, ramah dan juga menyenangkan. Kami semua di pandu oleh Bpk. Agung selaku public Relationship di SCTV. Bpk Agung lah yang membimbing dan menemani kami selama berada di dalam gedung SCTV.

Pertama datang kami di ajak ke loby terlebih dahulu setelah dari loby kami di ajak langsung ke lantai 19 untuk menerima materi/presentasi. Materi pertama oleh Bpk. Agung sendri yang menjelaskan sedikit tentang sejarah pertelevisian di Indonesia. Bpk Agung menjelaskan bahwa stasiun tv pertama kali di Indonesia adalah TVRI pada tahun 1962, disusul dengan stasiun tv RCTI pada tahun 1989 satu tahun berikutnya barulah stasiun tv SCTV dari PT. Surya Citra Televisi pada tahun 1990. Lalu di susul dengan stasiun-stasiun tv lainya.

SCTV pertama kali berdiri pada tahun 1990 yang pada saat itu stasiun SCTV masih berada di Surabaya Jawa Timur. Setelah 4 tahun lamanya PT Surya Citra Televisi memutuskan untuk berpindah ke Jakarta pada tahun 1994 karena mereka tau bawha Jakarta adalah kota pusat pemerintahan.

 

 

 

 

 

 

Selain menjelaskan mengenai sejarah pertelevisian di Indonesia, Bpk Agung pun menjelaskan sedikit mengenai brodcast dan mengajak kami berkeliling di dalam gedung SCTV. Saat Bpk Agung menjelaskan kepada kami mengenai brodcast, Bpk Agung memperkenalkan kami kepada sebuah lembaga yang bernama AC NELSEN, Yaitu Lembaga Independen yang tugasnya melakukan survay terhadap tayangan television. Bpk Agung juga menjelaskan tentang beberapa faktor mengapa suatu program television dinyatakan program itu kurang banyak yag menonton. Diantaranya :

  1. 1.      Beberapa faktor dari para pemirsanya/banyaknya yang menonton acara tersebut.
  2. 2.      Beberapa faktor karena chenel acara-acara yang lain.
  3. 3.      Beberapa faktor karena adanya traffic/penataan sistem.

 

Bpk Agung juga menjelaskan tentang  cara menyiarkan suatu program televisi/distribusi, rating suatu program televisi, riset, production house (PH), mengenai penayangan suatu iklan di televisi, lembaga sensor pertelevisian Indonesia dan juga tips & trik bagaimana kita jika suatu saat nanti bekerja di suatu perusahaan.

 

Pembahasn yang ke-dua kami mendapat penjelasan dari salah seorang mantan Reporter Liputan 6 SCTV yang bernama Bpk Remon yang kebetulan sekarang sudah menjabat menjadi kepala web di stasiun tv SCTV. Beliau menceritakan pengalamannya ketika masih menjabat sebagai salah seorang reporter di Liputan 6.

 

Ketika bertugas beliau sering di tugaskan di daerah-daerah konflik seperti: Ambon, Papua, Timor-Timor, dan Sulawesi. Bpk Remon juga menceritakan pengalamannya ketika ia di pilih untuk bertugas ke Istana kenegaraan di Indonesia. Syarat untuk menjadi reporter yang bertugas di istana negara sangatlah mudah di antaranya :

  1. 1.      Menjadi seorang yag Gneralis & Spesifikas,i
  2. 2.      Selalu tepat waktu (syarat paling penting),
  3. 3.      Sikap dan tingkah laku yang sopan & santun,
  4. 4.      Yang paling utama mengetahui banayak ha/informasi-informasi.

 

 

 

Bpk Remon pun memberitahukan kepada kami bagaimana kriteria menjadi seorang reporter yang baik dan benar, yaitu :

  1. 1.      Berani,
  2. 2.      Perbanyak informasi-informasi,
  3. 3.      Kemampua untuk reportase,
  4. 4.      Menguasai bahasa yang baik dan benar (sopan & santun),
  5. 5.      Perhatikan lafar bacaan intonasi, artikulasi & jeda.

 

Penjelasan yang ke-3 kami mendapat penjelasan dari Bpk. Adi Permadi. Beliau bekerja selaku di bidang IT. Beliau menjelaskan tentang IP Based (Perangkat yang mempunyai nomer-nomer), Infra struktur, Broadcast , Peralatan siar,  Jaringan Network, IRD (Pengolahan data/SHP), RAM (Broadcast Manajemen), Internet Protokol. Materi yang di berikan Bpk. Adi Permadi ini materi yang berhubungan denga pelajaran-pelajaran RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

Setelah semua materi selesai diberikan, kami di ajak oleh Bpk. Agung untuk berkeliling melihat-lihat ruangan Master Control yaitu ruangan untuk post produksi bisa di bilang ruangan ini adalah ruangan terakhir. Selesai melihat-lihat ruangan Master Control Kami semua di ajak ke lantai 9 untuk melihat studio liputan 6.

                   Sesampainya kami di lantai 9 kami senang sekali bisa melihat secara langsung studio Liputan 6 itu bagaimana dan seperti apa, tidak lupa untuk berphoto-photo di sana. Bpk. Agung sedikit menjelaskan bagaimana suasana di studio liputan 6. Selain kami melihat studio liputan 6 kami juga melihat ruangan-ruangan producer. Kami sangat senang karena baru pertama ini bisa mendapat kesempatan untuk berkunjung ke salah satu stasiun tv Nasional.

Saat saya mau pulang kebetulan saya bertemu dengan salah satu reporter lagi Bpk. Dony namanya, yang ternyata beliau adalah rekan kerjanya ibu Dyah Kusumawati. Sambil menunggu lift terbuka saya, Bu Dyah dan beberapa teman saya sedik shareing dengan beliau. Beliau pun membagi pengalamannya, menceritakan suka dukanya menjadi seorang reporter. Rasanya sangat menyenangkan belaiu mau membagi ilmunya. J

 

 

 

 

 

 

 

Mungkin hanya ini saja yag dapat saya ceritakan semoga dengan adanya resume ini, kita dapat membagi pengalaman pribadi kita Mohon maaf jika masih banyak kessalahan J

Kesan : pengalaman ini mungkin ga akan terlupakan, rasanya bener-bener menyenangkan & mengasyikan apalagi bisa dapat kesempatan photo bareng with Joy Astro J

Pesan : Adain kunjungan ke stasiun-stasiun tv lainya lagi ya Pak Guru n Bu Guru J n buat Pak Dwi photo-photo anak-anak SMK GENERASI MADANI di upload semaunya dundd jangan Cuma beberapa photo aja ok ok ok pak J

Terima Kasih…

JJ

Leave a comment